-->
5 Jenderal Hebat Pada Perang Dunia ke-2

5 Jenderal Hebat Pada Perang Dunia ke-2


Perang dunia kedua terjadi setelah jerman mematahkan perjanjian versailes dengan menyerbu polandia.Dengan kekuatan angkatan bersenjatan (wehrmacht) dan taktik blitzkriegnya jerman berhasil melumpuhkan polandia hanya dalam waktu 1 bulan dan kemudian berlanjut menyerbu prancis dan belanda yang tak berdaya menghadapi serangan jerman.

Namun pihak sekutu pun tak tinggal diam akan hal itu dan mulai melakukan serangan balasan.Dalam perang dunia kedua tersebut muncullah jenderal-jenderal cemerlang yang kemampuannya sampai diakui lawan,berikut ini beberapa jenderal yang terkenal dan diakui lawan :

1. Erwin Johannes Eugen Rommel (The Dessert Fox)

Rommel dilahirkan di negara bagian Württemberg, Jerman bagian selatan. Anak kedua seorang kepala sekolah menengah di Aalen ini pada usia 14 tahun bersama teman-teman membuat sebuah pesawat layang (glider) yang berhasil terbang, meski tidak jauh. Rommel muda ingin belajar teknik, namun ayahnya tidak menyetujuinya dan menyuruhnya bergabung dengan Resimen Infantri ke-24 Württemberg sebagai kadet pada 1910 dan segera dikirim ke Sekolah Kadet Militer di Danzig

Tiga bulan setelah invasi Polandia, Rommel mendapat perintah mengomandoi Divisi Panzer ke-7 yang menginvasi Perancis pada Operasi Fall Gelb, Mei 1940. Pasukannya bergerak maju lebih cepat dan lebih jauh dari pasukan-pasukan lain dalam sejarah militer dunia dan mendapat julukan Gespenster-Division (Divisi Hantu), saking sulitnya dideteksi keberadaannya bahkan oleh markas besar Wehrmacht.
Divisi Panzer ke-7 merupakan unit pasukan Jerman pertama yang mencapai Selat Inggris pada 10 Juni 1940, Lalu dia memutar ke selatan, merebut pelabuhan penting Cherbourg pada 19 Juni, dan melaju sepanjang pesisir Perancis hingga mencapai perbatasan Spanyol.
Selama pertempuran di Perancis tersebut, ia tidak henti-hentinya mengalami keberhasilan. Salah satunya pada pertempuran di Arras. Rommel memang seorang yang tahan banting. Pada fase pertama pertempuran ini, Divisi Panzer ke-7 berhasil dipukul mundur oleh tentara Sekutu pimpinan Mayjen Harold Franklyn, tetapi hal ini tidak berlangsung lama. Setelah ia berhasil mengumpulkan kekuatan kembali, akhirnya ia berhasil mengalahkan tentara sekutu pada fase kedua pertempuran.

 Rommel terus memperoleh kemenangan demi kemenangan,bahkan ketika berperang di kawasan afrika rommel yang kala itu berhadapan dengan pasukan sekutu karena kejeniusannya perdana menteri inggris,Winston Churchill memujinya sebagai jenderal yang sangat jenius kala itu.


2. Bernard Montgomery (The Spartan General)




Monty berperang pertama kali dalam Perang Dunia I sebagai perwira muda di The Royal Warwickshire Regiment. Di Méteren, dekat perbatasan Belgia di Bailleul, dia tertembak hingga tembus ke paru-paru kanannya oleh penembak jitu (sniper). Dia kembali ke Front Barat sebagai staff umum jenderal dan berperang dalam Pertempuran Arras pada April/Mei 1917. 

Dia juga terlibat dalam Pertempuran Passchendaele pada musim gugur 1917 sebelum naik pangkat sebagai kepala staf 47th (2nd London) Division di akhir perang
Selama Perang Dunia II, dia memimpin 8th Army sejak Agustus 1942 di Gurun Pasir Barat hingga kemenangan akhir Sekutu di Tunisia. Kepemimpinannya termasuk Pertempuran El Alamein, titik balik Kampanye Gurun Barat. Dia tetap memimpin 8th Army selama Invasi Sekutu ke Sisilia dan Italia.

Dia memimpin kekuatan darat Sekutu selama Operasi Overlord sejak pendaratan awal hingga usai Pertempuran Normandia. Dia melanjutkan kepemimpinannya di 21th Army Group sepanjang kampanye di Eropa Barat Laut. Dia juga menjadi komandan lapangan utama saat upaya pendaratan pasukan lintas udara (airborne) yang gagal di jembatan Sungai Rhine di Arnhem, Belanda dan penyeberangan pasukan Sekutu di sungai itu. Pada 4 Mei 1945, dia menerima penyerahan Jerman Lüneburg Heath di Jerman Utara. Usai perang, Monty dipromosikan sebagai Panglima Angkatan Darat Inggris di Rhine (Commander-in-Chief of the British Army of the Rhine (BAOR)) di Jerman dan selanjutnya, Kepala Staf Umum Kerajaan (Chief of the Imperial General Staff).


3. Isoroku Yamamoto


Dari 1926 hingga 1928, dia merupakan atase AL bagi kedutaan Jepang di Washington, dan banyak mengembara di seluruh Amerika Serikat, yang memberinya pandangan mendalam mengenai saingan masa depannya. Dia kemudian dilantik ke Biro Urusan AL dan dilantik sebagai Laksamana Muda. Dia menghadiri Konferensi Angkatan Laut London pada 1930. Sekembalinya ke Jepang, dia menyertai Biro Penerbangan Angkatan Laut dan dari tahun 1933 mengetuai biro dan mengurusi seluruh program penerbangan angkatan laut.

Pada Desember 1936, Yamamoto dilantik sebagai wakil menteri bagi Angkatan Laut Jepang, dan menggunakan kedudukannya untuk mengutarakan dengan penuh semangat untuk kekuatan udara Angkatan Laut dan menentang pembuatan kapal tempur yang baru. Dia juga menentang penjajahan Manchuria dan keinginan militer untuk bersepakat dengan Jerman. Saat kapal terbang Jepang menyerang kapal bersenjata AS, Panay di sungai Yangtze pada Desember 1937, dia memohon maaf secara pribadi kepada duta Amerika. Dia menjadi sasaran percobaan pembunuhan pihak fasis; seluruh kementerian Angkatan Laut terpaksa diletakkan di bawah pengawalan. Bagaimanapun, pada 30 Agustus 1939, Yamamoto dilantik menjadi Laksamana dan dilantik sebagai Panglima Tertinggi seluruh armada.

Laksamana Yamamoto tidak mengurangi kedudukan anti-konflik logisnya saat Jepang menandatangani Pakta Tripartit dengan Jerman dan Italia pada September 1940. Yamamoto memberi pengumuman kepada PM Konoe Fumimaro untuk menimbangkan peperangan dengan Amerika Serikat: "Sekiranya saya diperintahkan berperang, Saya akan merajalela selama enam bulan pertama,tetapi saya tidak mempunyai keyakinan apapun buat tahun kedua dan ketiga."

Dia terbukti amat tepat karena Pertempuran Midway (secara umum dianggap sebagai titik perubahan dalam konflik Pasifik) terjadi enam bulan (hampir pada hari) setelah pengeboman Pearl Harbor. Pandangan jauhnya turut mendorongnya untuk mempercayai bahwa serangan pendahuluan terhadap pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat amat penting sekiranya peperangan terjadi.

Dia juga membayangkan dengan tepat taktik "lompat pulau" dan penguasaan udara yang akan ditonjolkan dalam perperangan itu, walaupun pandangannya gagal saat berkenaan dengan kapal tempur, karena dia (sebagaimana kebanyakan pegawai dalam AL AS, harus dirumuskan) masih percaya sebagai salah satu komponen penting bagi pasukan AL.


4. Erich Von Manstein
 
Erich sebelah kiri Hitler
Erich von Manstein (24 November 1887 - 9 Juni 1973) adalah salah satu komandan paling menonjol dari Wehrmacht , Nazi Jermanangkatan bersenjata 's selama Perang Dunia II. Mencapai pangkat Generalfeldmarschall (Marsekal), ia dijunjung tinggi sebagai salah satu strategi militer terbaik Jerman.

Lahir menjadi aristokrat Prusia keluarga dengan sejarah panjang dinas militer, Manstein bergabung dengan tentara pada usia muda dan melihat layanan di beberapa bidang selama Perang Dunia I. Ia telah naik ke pangkat kapten pada akhir perang dan aktif pada periode antar-perang Jerman membantu membangun kembali angkatan bersenjata nya. Selama invasi Polandia pada pecahnya Perang Dunia II, ia menjabat sebagai Kepala Staf Gerd von Rundstedt 's Grup Tentara Selatan. 

Dia adalah salah satu perencana Fall Gelb (Kasus Kuning), serangan melalui Ardennes selama invasi Perancis pada tahun 1940. Mencapai pangkat umum pada akhir kampanye, ia aktif dalam invasi ke Uni Soviet dan Pengepungan Sevastopol dan dipromosikan menjadi Field Marshal pada bulan Agustus 1942. Nasib Jerman dalam perang mulai mengambil gilirannya menguntungkan setelah bencana Pertempuran Stalingrad , di mana Manstein memerintahkan upaya bantuan gagal. Dia adalah salah satu komandan utama di Pertempuran Kursk , salah satu pertempuran besar terakhir dari perang dan salah satu pertempuran terbesar dalam sejarah. Ketidaksepakatan yang sedang berlangsung dengan Hitler selama pelaksanaan perang menyebabkan pemecatannya Maret 1944. Dia tidak pernah memperoleh perintah lain dan dipenjarakan oleh Inggris pada bulan Agustus 1945, beberapa bulan setelah kekalahan Jerman.

Manstein memberikan kesaksian pada utama Pengadilan Nuremberg penjahat perang pada Agustus 1946, dan menyiapkan kertas yang, bersama dengan memoar kemudian hari, membantu memberikan kontribusi pada mitos yang "bersih Wehrmacht"-mitos bahwa angkatan bersenjata Jerman tidak bersalah untuk kekejaman Holocaust . Pada tahun 1949 ia diadili di Hamburg atas kejahatan perang dan dinyatakan bersalah atas sembilan dari tujuh belas dakwaan, termasuk perlakuan buruk terhadap tahanan perang dan gagal melindungi warga sipil di lingkungan-nya operasi. 

Hukumannya delapan belas tahun penjara kemudian dikurangi menjadi dua belas, dan ia menjabat hanya empat tahun sebelum dibebaskan pada tahun 1953. Sebagai penasihat militer ke Jerman Barat pemerintah di pertengahan 1950-an, ia membantu membangun kembali angkatan bersenjata. Memoarnya sukses, Verlorene Siege (1955), diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai kemenangan Hilang, sangat kritis terhadap kepemimpinan Hitler, dan terfokus ketat pada aspek militer perang, mengabaikan konteks politik dan etis. Manstein meninggal di Munich pada tahun 1973.


5. George S. Patton

George Smith Patton, Jr (November 11, 1885 - 21 Desember 1945) adalah seorang jenderal di Angkatan Darat Amerika Serikat yang terkenal karena perintah-Nya dari Ketujuh Angkatan Darat Amerika Serikat , dan kemudian Ketiga Angkatan Darat Amerika Serikat , di Teater Eropa dari Perang Dunia II.

Lahir pada 1885 dari sebuah keluarga istimewa dengan latar belakang militer yang luas, Patton menghadiri Institut Militer Virginia , dan kemudian Akademi Militer AS di West Point. Dia berpartisipasi dalam Olimpiade 1912 pentathlon dan berperan penting dalam merancang M1913 "Patton Saber" . Patton pertama kali melihat pertempuran selama Pancho Villa Ekspedisi di salah satu contoh awal pertempuran mekanik. Ia kemudian bergabung dengan yang baru dibentuk Amerika Serikat Tank Corps dari Expeditionary Force Amerika dan melihat aksi dalam Perang Dunia I , pertama memerintahkan sekolah tank AS di Perancis sebelum terluka di dekat akhir perang. Pada periode antar , Patton tetap menjadi tokoh sentral dalam pengembangan perang lapis baja doktrin di Angkatan Darat AS, yang menjabat posisi staf banyak di seluruh negeri. Naik melalui pangkat, ia memerintahkan Divisi Lapis Baja ke-2 AS pada saat masuknya AS ke dalam Perang Dunia II.

Patton dipimpin pasukan AS ke teater Mediterania dengan invasi Casablanca selama Kampanye Afrika Utara pada tahun 1942, di mana ia kemudian membuktikan dirinya sebagai seorang komandan yang efektif melalui rehabilitasi cepat nya dari demoralisasi AS II Corps . Ia memerintahkan Tentara Ketujuh selama Invasi Sisilia , di mana ia mengalahkan Inggris UmumBernard Law Montgomery ke Messina tetapi terlibat dalam kontroversi setelah ia menampar dua tentara di bawah komandonya . Patton kembali untuk memimpin Angkatan Darat Ketiga setelah Invasi Normandia pada 1944, di mana ia memimpin sangat sukses, dorongan yang cepat di seluruh Perancis. Dia memimpin bantuan pasukan AS terkepung diBastogne selama Pertempuran Bulge , dan maju pasukannya ke Nazi Jerman pada akhir perang. 

Patton adalah gubernur militer dari Bavaria setelah berakhirnya perang sebelum dibebaskan dari posting ini, maka ia memerintahkan Kelimabelas Angkatan Darat Amerika Serikat untuk sementara waktu. Dia meninggal setelah kecelakaan mobil di Eropa pada tanggal 21 Desember 1945.

Gambar warna-warni, kepribadian keras-mengemudi Patton dan sukses sebagai komandan berada di kali dibayangi oleh pernyataan politik tidak layak di pers. Tapi filsafat terkemuka dari depan dan kemampuannya untuk menginspirasi pasukannya dengan pidato vulgar-sarat, seperti alamat yang terkenal dengan Angkatan Darat Ketiga , menyebabkan filsafat kepemimpinan baru di AS korps perwira. Penekanannya kuat pada tindakan ofensif cepat dan agresif menyebabkan strategi baru dalam pasukan gabungan peperangan. Sementara Sekutu pemimpin dengan perbedaan pendapat Patton, ia dianggap tinggi oleh lawan-lawannya di Komando Tinggi Jerman . Sebuah populer, pemenang penghargaan Film biografidirilis pada tahun 1970 membantu transformasi Patton menjadi Amerika pahlawan rakyat .


Baca Juga
SHARE
muhammad fazrin nahar
enjoy my post :)

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment