-->
Blunder "dunkirk" jerman

Blunder "dunkirk" jerman


siapa yang tak tahu bahwa jerman sangat cepat dalam berperang pada PD II dengan strategi blitzkriegnya jerman menggilas negara-negara di eropa dengan sangat mudahnya.Keberhasilan strategi blitzkrieg ini awalnya tidak diperkirakan bahkan oleng sang fuhrer sendiri "Adolf Hitler".Blitzkrieg telah mengubah cara berperang yang konservatif (dalam parit) menjadi peperangan yang sangat agresif pada PD II.
Kegemilangan blitzkrieg diawali dengan menyerbunya tentara jerman ke negara polandia pada tahun 1939,hanya dalam waktu 1 bulan polandia bertekuk lutut pada jerman yang dengan cepatnya mematahkan pertahanan militer polandia dengan strategi blitzkriegnya.Pada tahun yang sama pula dunia berkenalan dengan strategi perang terbaru yaitu blitzkrieg.

Peta Pengepungan Dunkirk
Kegemilangan blitzkrieg kembali terulang ketika jerman mulai kembali menyerang perancis dengan operasi "falls gelb".Operasi falls gelb ini sangat berhasil dan bagi kalian yang belum tahu perancis ditaklukan hanya dalam waktu 46 hari atau 1 bulan lebih,walaupun perancis melawan dengan strategi bertahannya yaitu "maginot line" yang digadang-gadang sebagai pertahanan terkuat,namun bagi wermacht,lutwaffe dan kriegsmarine hanya seperti benteng biasa,terbukti dengan betapa cepatnya jerman menguasai perancis.Serangan ini menusuk dari hutan Hurtgen dan terus melaju hingga sedan dan dataran utara Perancis. Pasukan sekutu terpecah menjadi dua. Satu berada di Perancis selatan dan sisanya terkurung di utara. Pasukan yang terkurung di utara inilah yang menjadi bulan-bulanan Wehrmacht. Pasukan Jerman itu terus mendesak pasukan yang sudah terkurung dan putus harapan itu hingga ke tapal batas pantai di kota Dunkirk. Namun disinilah sebuah keanehan terjadi. Hitler memutuskan untuk menghentikan serangan.
Dunkirk adalah sebuah kota di belgia yang berada di utara.Di kota ini ketika perang dunia II menjadi tempat bertahan pasukan sekutu yang putus asa yang terdiri dari Pasukan Inggris, Perancis, Belgia, sebagian kecil Belanda, Luxemburg dan Polandia.pasukan ini terdesak oleh wermacht yang terus menyerang,namun karena ketidak jelasan keputusan Hitler untuk menghentikan serangan di Dunkirk. Namun karena keputusannya inilah, tiga ratus ribu tentara sekutu berhasil lolos ke tanah Inggris. Inggris memprioritaskan penggungsian ini dengan mengirim ribuan kapal (sebagian besar merupakan kapal nelayan dan komersial) untuk menyelamatkan pasukan yang telah terdesak ini. Beberapa ahli masih berdebat tentang keputusan Hitler ini, namun setidaknya ada beberapa kemungkinan yang paling banyak dibicarakan.
Blunder besar jerman ini yang sangat berakibat fatal pada peperangan selanjutnya,karena pasukan yang berhasil lolos tadi kembali berperang ketika invasi normandi dilakukan.Andai saja ketika itu hitler memerintahkan untuk membunuh atau menawan 300 ribu tentara yang terdesak itu maka sejarah akan berkata lain.
Baca Juga
SHARE
muhammad fazrin nahar
enjoy my post :)

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment