-->
5 Besar Burung Paling Langka di Dunia

5 Besar Burung Paling Langka di Dunia

Keindahan Dunia ini terletak bukan hanya pada keelokan alam dan lingkungan saja namun juga meliputi segala jenis hewan sebagai penyeimbang alam dan lingkungan itu sendiri. Namun sayangnya ada beberapa jenis hewan maupun tumbuhan yang terancam punah, sehingga keindahan dan keelokan dunia ini akan sedikit berkurang. 

Diantara beberapa jenis hewan langka tersebut, salah satunya adalah bangsa burung. Berikut 5 Besar Burung Paling Langka di Dunia :

5. Sulu Hornbill / Enggang (Rangkong) Sulu

5 Besar Burung Paling Langka di Dunia

Burung Enggang atau Burung Rangkong (bahasa Inggris: Hornbill) adalah sejenis burung yang mempunyai paruh berbentuk tanduk sapi tetapi tanpa lingkaran. Biasanya paruhnya itu berwarna terang. Nama ilmiahnya "Buceros" merujuk pada bentuk paruh, dan memiliki arti "tanduk sapi" dalam Bahasa Yunani.

Enggang Sulu merupakan burung langka yang terdapat di kepulauan Sulu Filipina dan Jumlahnya di alam liar kini diperkirakan hanya mencapai 40 ekor saja.

4. Black Stilt

5 Besar Burung Paling Langka di Dunia

Black Stilt terdapat di Selandia baru dan masuk dalam daftar burung paling langka di dunia. Jumlahnya di alam liar diperkirakan hanya mencapai 34 ekor. Mereka memiliki kaki yang sangat panjang berwarna merah, Black Stilt muda memiliki kantung di leher, dan kepala putih, dengan garis hitam di sekitar mata.

3. Puerto Rican Amazon (Burung Beo Amazon)

5 Besar Burung Paling Langka di Dunia

Puerto Rican Amazon adalah burung endemik kepulauan Puerto Rico. Mempunyai panjang 28-30 cm (11,0-11,8 dalam), berwarna hijau dengan dahi merah dan cincin putih di sekitar mata. Jumlahnya di alam liar kini hanya 30 ekor saja.

2. Bali Starling (Jalak Bali )

5 Besar Burung Paling Langka di Dunia

Bali Starling (Jalak Bali ) adalah sejenis burung pengicau berukuran sedang, dengan panjang lebih kurang 25cm, dari suku Sturnidae. Jalak Bali memiliki ciri-ciri khusus, di antaranya memiliki bulu yang putih di seluruh tubuhnya kecuali pada ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam. Bagian pipi yang tidak ditumbuhi bulu, berwarna biru cerah dan kaki yang berwarna keabu-abuan. Burung jantan dan betina serupa. Jumlahnya di alam liar kini diperkirakan hanya 24 ekor saja.

1. Caerulean Paradise-flycatcher (Seriwang Sangihe) 

5 Besar Burung Paling Langka di Dunia

Caerulean Paradise-flycatcher adalah hewan endemik dari Pulau Sangihe yang terletak di bagian utara dari Pulau Sulawesi, Indonesia. Pertama kali diketahui hanya dari spesimen yang dikumpulkan pada tahun 1873, hewan langka ini ditemukan kembali pada Oktober 1998 disekitar Gunung Sahendaruman di bagian selatan Pulau Sangihe. 


memiliki ukuran sedang (hingga 18 cm panjang) dengan warna dominan biru pada bagian kepala hingga ekor dan berwarna putih pada bagian dada. Seriwang Sangihe muda memiliki ekor pendek dengan warna abu-abu. Seriwang Sangihe satu-satunya anggota dari genus Eutrichomyias. Jumlahnya di alam liar kini diperkirakan hanya 19 ekor saja.

Kelangsungan dan kelestarian dari burung-burung ini merupakan tanggung jawab kita semua sebagai umat manusia. Agar anak cucu kita bisa ikut menikmatinya kelak. Sekian tentang 5 Besar Burung Paling Langka di Dunia , Semoga Bermanfaat....

(berbagai sumber)
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment