-->
10 Istilah Terkait Virus Corona

10 Istilah Terkait Virus Corona

Beberapa bulan ini dunia sedang dikagetkan dengan munculnya virus baru yang berasal dari negeri china yang dikenal dengan Corona atau NCOVID-19. Virus baru ini belum ditemukan vaksin untuk menangkalnya bahkan kabar terbaru obat-obat yang dipakai masih belum terbukti berhasil secara signifikan.

10 Istilah Terkait Virus Corona

Wabah virus NCOVID-19 membawa malapetaka bagi masyarakat dunia, setidaknya 168 negara mengkonfirmasi bahwa ada warga mereka yang terinfeksi virus ini. Di lain sisi virus NCOVID-19 memunculkan istilah-istilah medis pada media informasi yang kebanyakan orang masih belum mengerti. Padahal istilah-istilah ini penting bagi masyarakat untuk mengetahui keadaan terkini.

Berikut ini admin rangkum beberapa istilah mengenai NCOVID-19 yang penting untuk diketahui :

 

1. Social Distancing

Merupakan langkah yang diambil pemerintah Indonesia untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus NCOVID-19 dengan cara menganjurkan masyarakat untuk membatasi diri keluar rumah terutama ke tempat ramai dan melakukan kontak langsung dengan orang lain.

Social distancing sendiri menerapkan kepada seseorang untuk tidak berjabat tangan dengan orang lain serta menjaga jarak bicara dengan orang lain minimal 1 meter. Social distancing dinilai cocok oleh pemerintah Indonesia untuk mengatasi dan mengendalikkan penyebaran virus corona.

2. Disinfektan

 Istilah disinfektan merujuk pada cairan yang digunakan oleh orang-orang untuk membunuh kuman, bakteri, dan juga virus pada benda-benda mati. Akhir-akhir ini masyarakat ramai mencari dan membicarakan tentang cairan yang satu ini semenjak merebaknya virus corona.

Diketahui bahwa disinfektan ampuh dalam membunuh virus corona yang menempel pada benda mati seperti baju, celana dll.

3. WFH 

Mungkin kalian sering melihat di insta story, facebook dll orang-orang sering kali menuliskan istilah "WFH". WFH sendiri kepanjangan dari Work From Home yang artinya bekerja dari atau di rumah. Semenjak pemerintah menerapkan social distancing yang notabene menyuruh kita untuk lebih banyak tinggal di rumah membuat banyak perusahaan menerapkan WFH agar mengurangi aktivitas di luar rumah.

4. Epidemi 

Sudah lama semenjak WHO menetapkan corona virus sebagai epidemi, lalu apa yang dimaksud dengan epidemi itu? Epidemi menurut kamus besar bahasa indonesia adalah sebuah wabah yang menyebar sangat cepat di suatu wilayah ke wilayah lain. Penyebaran epidemi masih terbatas di suatu wilayah kewilayah lain saja tidak meluas hingga ke seluruh dunia.

Dapat dicontohkan seperti, virus corona yang menyebar ke sekitar kota wuhan dan mengakibatkan terjangkitnya beberapa wilayah di china.

5. Pandemik

Beberapa waktu yang lalu WHO mengubah status NCOVID-19 dari epidemi menjadi pandemik yang membuat masyarakat dunia heboh dan ketakutan. Namun, banyak dari kita yang tidak mengetahui makna dari kata pandemik

Pandemik menurut kamus besar bahasa indonesia adalah suat keadaan dimana wabah penyakit menyebar sangat cepat dari satu negara ke negara lain dan hampir menjangkit separuh bumi.

6. Lockdown 

Lockdown merupakan istilah yang terkenal ketika merebaknya virus corona. Lockdown sendiri mempunyai arti pembatasan atau penutupan suatu wilayah tertentu disertai dengan pembatasan aktivitas warga. Lockdown bertujuan untuk mengurangi penyebaran dan memutus mata rantai virus corona

7. Swab Test

10 Istilah Terkait Virus Corona

 

Swab tes merupakan tes yang dilakukan pada orang yang mengalami gejala yang mirip dengan orang yang terinfeksi oleh virus corona untuk mengetahui orang itu positif terinfeksi virus corona atau tidak. Swab tes dilakukan dengan cara mengambil sample lendir dari tenggorokan atau dari hidung. Hal ini dikarenakan virus corona akan berdiam diri pada bagian tenggorokan atau pada hidung bagian dalam.

8. Rapid Test

10 Istilah Terkait Virus Corona

 

Rapid test adalah test cepat yang digunakan oleh beberapa negara untuk mendeteksi secara dini seseorang yang terinfeksi corona. Rapid test dilakukan dengan cara mengambil sample darah untuk mendeteksi IgG dan IgM di dalam darah. IgG dan IgM merupakan sejenis antibodi yang terbentuk dan meningkat ketika tubuh terinfeksi oleh virus.

9. ODP

Istilah ODP muncul ketika virus corona mulai mewabah di indonesia. ODP sendiri adalah singkatan dari orang dalam pengawasan. Seseorang dapat dimasukkan ke dalam kategori ini apabila dia memiliki gejala-gejala yang mirip seperti COVID-19. Namun dalam kategori ini seseorang tersebut tidak memerlukan rawat inap di rumah sakit.

10. PDP 

PDP adalah kategori dimana seseorang yang telah masuk kedalam ODP diketahui melakukan kontak erat dengan pasien positiv corona. PDP merupakan singkatan dari pasien dalam perawatan. Seseorang yang telah masuk kategori PDP diperlukan perawatan khusus dan ruang khusus untuk menghindari penularan pada orang lain walaupun belum terbukti positif.



 
Baca Juga
SHARE
muhammad fazrin nahar
enjoy my post :)

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment