-->
Ini Dia Tips Anti Insomnia

Ini Dia Tips Anti Insomnia


Banyak orang yang memiliki masalah tidur. Hal ini sering kali diakibatkan karena pengaruh lingkungan, stres, perubahan jadwal atau kondisi fisik. Terdapat banyak cara yang dapat Anda coba agar bisa tidur, meskipun setiap orang memiliki cara yang paling cocok masing-masing. Cobalah untuk melakukan beberapa cara hingga berhasil, serta cobalah juga untuk meningkatkan kualitas tidur dalam jangka panjang sehingga Anda tidak akan terlalu sering mengalami masalah seperti ini di masa yang akan datang,

1. Atur susunan perlengkapan tidur untuk membuat Anda lebih nyaman. 


Jika rasa sakit atau kegelisahan menghalangi Anda untuk tidur, cobalah untuk mengubah kasur, bantal atau perlengkapan tidur lainnya. Setiap orang memiliki kesukaan yang berbeda-beda, sehingga tidak ada suatu jenis bantal atau posisi tidur yang paling cocok untuk digunakan. Ubahlah bantal jika Anda memiliki rasa sakit pada leher atau pundak, serta ubah kasur atau permukaan tempat tidur lainnya jika Anda memiliki rasa sakit pada punggung.

2.  Cobalah teknik relaksasi

Meditasi dapat membantu mengurangi stres dan tegang otot yang dapat mengganggu tidur. Selain itu, Anda juga dapat mencoba teknik-teknik relaksasi sederhana berikut :
  • Tarik napas dalam-dalam dan keluarkan dengan interval yang teratur. Buatlah tarikan napas Anda lebih dalam dari sebelumnya.
  • Berbaringlah dengan posisi yang nyaman, serta cobalah untuk mengendurkan setiap otot Anda satu per satu, dimulai dari kaki lalu lanjut ke bagian atas. 

3. Jaga agar ruangan tidur tetap sunyi dan gelap


Banyak orang memiliki masalah tidur karena suara atau cahaya, sehingga matikan cahaya dan tutup pintu untuk menghindari area yang terang dan berisik.Gunakan kipas angin atau penghasil suara konstan, suara rendah "derau putih" lainnya untuk menutupi suara-suara yang lebih menjengkelkan dan tidak beraturan seperti suara detikan jam atau suara binatang.
  • Meskipun jika Anda hanya terbangun sebentar di malam hari, nyalakan lampu suram dan lampu malam bukannya menyalakan lampu yang lebih terang agar Anda tidak terbangun lagi

4. Atur suhu ruangan

Gunakan termometer untuk mengukur suhu ruangan Anda. Atur ruangan dengan pemanas atau kipas angin. Suhu sekitar 20–22 ºC dianggap ideal untuk kebanyakan orang. Suhu di bawah 12 ºC atau di atas 24 ºC biasanya dianggap mengganggu  
Baca Juga
SHARE
muhammad fazrin nahar
enjoy my post :)

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment