-->
5 Senjata Super Nazi

5 Senjata Super Nazi



Nazi pada awal perang dunia ke-2 sempat mengalami kemenangan yang beruntung atas sekutu.Bahkan nazi dapat menguasai perancis hanya dalam waktu 1 bulan.Kemenangan yang begitu cepat ini tidak luput dari kehebatan tentara dan senjata yang digunakan oleh nazi jerman.
Terkuak pada akhir-akhir ini bahwa teknologi nazi pada zaman perang dunia ke-2 sangatlah maju hingga mengungguli teknologi musuh-musuhnya,berikut ini senjata super nazi yang menaklukkan eropa.

1. Fritz x 

 Fritz x adalah rudal kendali pertama yang dikembangkan oleh jerman.Rudal ini dapat dikendalikan melalui wireles dan digunakan selama perang dengan britania.Terbukti rudal ini sangat efektif dalam mengahancurkan kapal perang musuh dan salah satu korbannya adalah HMS Spartan.

Fritz x adalah teknologi senjata yang paling berhasil dikembangkan oleh nazi dan berguna hingga sekarang.Catatan sejarah menujukkan bahwa fritz x telah menghanyutkan lebih dari  200 kapal musuh.

2. Flying Wing (Horten Hoo 229)


Apa kalian tau pesawat siluman? ya,Horten Hoo 229 adalah nenek moyang dari semua pesawat siluman yang ada saat ini.Mungkin kalian akan terheran "apa iya jaman segitu sudah ada?",bukan hanya kalian yang bingung ketika tau kebenaran ini bahkan ilmuan dunia pun ketika mereka menemukan pesawat ini di pabrik gotha mereka bingung dengan kemajuan teknologi milik nazi.

Dua bersaudara Walter dan Reimar Horten adalah para pionir dalam pembuatan pesawat bersayap tanpa ekor, dan telah membangun secara berturut-turut pesawat-pesawat 'layar' tanpa mesin berbentuk indah dengan performa menakjubkan pada tahun 1936 s/d 1940, yang diikuti oleh sebuah contoh dengan dilengkapi dua mesin pendorong. 

Pengalaman mereka dalam membuat pesawat bersayap besar yang dapat terbang adalah sesuatu yang ajaib pada masa itu, dan merupakan satu-satunya di dunia. Pada tahun 1943 Walter Horten menyatakan ketertarikannya untuk membangun sebuah pesawat berkecepatan tinggi yang dibuat dari... kayu! 

Laporan dari perkembangan DFS 194 (kemudian dinamai Messerschmitt Me 163) yang dikepalai Profesor Lippisch makin meyakinkan Walter bahwa bahkan pesawat dari kayu dapat membawa mesin jet atau roket dan kemudian terbang. 



Pada tahun-tahun berikutnya mereka mulai membuat dan menguji coba pesawat ini.Uji coba pun berlangsung dengan lancar walaupun ada sedikit masalah pada sistem pesawat.Diketahui dari hasil uji coba pesawat ini dapat melaju dengan kecepatan 977 km/jam dengan senjata roket,bom dan kanon.Hebat bukan?,namun sayangnya sebelum pesawat ini masuk pada kancah perang,pabrik ini sudah dikepung dulu oleh para tentara sekutu.

3. Panther Tank 

Pada perang dunia ke-2 setiap negara berlomba lomba dalam menciptakan teknologi perang,salah satunya adalah tank.Jerman yang saat itu sedang berhadapan dengan soviet yang memiliki tank 34 mengalami kekalahan telak dengan tank panzernya.Kemudian jerman pun mulai berfikir untuk membuat tank yang melebihi tank soviet namun dengan dana yang murah dan terciptalah panther tank

Tank Panther buatan Jerman menorehkan sejarah dan menjadi sebuah legenda bagaimana tentara-tentara sekutu dibuat nggak berkutik. Semua kriteria Tank terbaik saat itu terkumpul pada Panther. Kuat, Cepat, Off-Roader, senjata yang mematikan dan tidak lupa juga..murah!

Tank Panther melakukan debut perdananya ketika pecah pertempuran krusial yaitu pertempuran Kursk. Dengan senjata satu ini, Jerman menggentarkan musuh-musuhnya dan hanya bisa dipukul mundur jika mereka kalah jumlah saja. Selain itu, Jerman pasti akan memenangkan setiap pertempuran darat dengan dukungan Panther. 


Walaupun diversi awalnya Tank Panther banyak menemui kendala, dimana dari 200 unit yang diterjunkan hanya 38 yang bisa beroperasi, tapi Panther sanggup mendongkrak pamor Jerman dengan melumpuhkan 263 tank Soviet.


Ketika pertempuran Front Timur, T-34 andalan Soviet yang bersenjatakan Kaliber 76,2 mm nggak sanggup menembus baja depan Panther. Hingga memaksa T-34 membuat manuver sulit guna menyerang sisi samping Panther yang dikenal lemah. Sedangkan Panther sanggup melumat 'baju baja' T-34 dari jarak 2.000 m sekalipun.

Pada pertempuran Bulge, dimana Jerman terus terdesak mundur, dengan kekuatan Tank-Tank Panther yang disamarkan, Jerman melakukan serangan balasan. Dan hasilnya, sekutu harus mundur hingga sejauh 80 km.

Gelar Panther sebagai raja pertempuran darat mulai meredup seiring menurunnya semangat juang pasukan Jerman, kurangnya dukungan udara juga bahan bakar dan bahan baku. Panther harus menghadapi realita pahit menjadi bulan-bulanan pesawat serang darat sekutu. Strategi memasang senjata anti pesawat nggak bisa merubah keadaan. Selain itu, sekutu terus 'mengupgrade' kekuatan Tank-nya.


Meskipun pada akhirnya jerman kalah,sekutu tetap memberikan penghormatan pada panther tank dikarenakan tank ini yang menjadi cikal bakal terlahirnya tank-tank mutahir buatan inggris ataupun rusia.

4. V2 Rocket


Roket V-2 merupakan rudal balistik jarak jauh pertama dan dikembangkan oleh orang Jerman selama Perang Dunia II sebagai senjata balas dendam. Diluncurkan secara vertikal, roket V2 menjadi objek buatan pertama yang melintasi batas ruang.


Roket ini sangat mematikan di mana mampu bergerak secara vertikal sejauh enam mil sebelum menembus jalan menjadi horisontal. 'Monster' ini memiliki kecepatan 4.000 mil per jam dan menggali beberapa kaki di tempat yang ditargetkan sebelum meledak. Selain itu, roket ini mampu membunuh lebih dari 9.000 orang di sekitarnya.

5. Dora And Gustav Rail Cannon

Schwerer Gustav dan Dora adalah nama dari dua senjata artileri 80 cm K (E) raksasa yang berjalan di atas sistem rel milik Jerman dalam Perang Dunia II,  senjata ini biaanya digunakan dalam operasi-operasi pengepungan. 

Senjata-senjata ini dikembangkan oleh Krupp dengan tujuan untuk  menghancurkan benteng yang dilindungi  dengan kuat, baik dilindungi secara persenjataan maupun secara material, seperti benteng yang berada di sepanjang Garis Maginot yang memisahkan antara Prancis dengan Jerman. 

Berat  senjata ini mencapai 1.350 ton, sementara pelurunya sendiri beratnya mencapai 7 tonn (kebayang kan bagaimana cara mengoperasikannya?). Jarak “lontaran” peluru sejauh 37 kilometer (23 mil).  Jauh-jauh hari Adolf Hitler  menggadang-gadang kan  senjata ini untuk digunakan dalam perang melawan Prancis, tetapi ketika perang pecah antara Jerman dengan Perancis  ternyata senjata ini masih belum siap digunakan dalam pertempuran.  Walaupun tanpa senjata ini pasukan jerman tetap dapat mengalahkan Perancis.


Gustav dalam sejarah layanannya, pada akhirnya digunakan oleh jerman dalam peperangan untuk menginvansi Rusia dalam pertempuran Sebastopol selama Operasi Barbarossa. Dalam pertempuran di Stalingrad jerman juga menggunakan senjata ini, dan pernah juga mau dipakai dalam memadamkan pemberontakan Warsawa (1944) namun tidak jadi, pemberontakan tersebut keburu padam sebelum Gustav sempat digunakan.

Sejarah mencatat hingga saat ini belum ada ada senjata artileri yang lebih besar dari kedua jenis senjata arteleri ini. Gustav dan Dora tercatat sebagai senjata dengan kaliber terbesar yang pernah ada  dalam sejarah artileri yang pernah digunakan dalam pertempuran, begitu pula amunisinya yang tercatat sebagai peluru artileri paling berat yang pernah dibuat oleh manusia.


Baca Juga
SHARE
muhammad fazrin nahar
enjoy my post :)

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment