-->
Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Kebanyakan para pelancong baik mancanegara ataupun lokal belum mengetahui apapun tentang Lumajang baik letak kota atau bahkan tidak pernah dengar nama kota lumajang. Kota Lumajang terletak di provinsi Jawa Timur yang dikenal sebagai kota pisang, nama ini disematkan karena buah pisang di kota ini besar dan manis rasanya. Selain dari buah pisangnya, tempat wisata kota Lumajang juga tak kalah menarik.

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang
Puncak B-29

Pesona wisata Lumajang tidak kalah menarik dengan tempat-tempat yang lainnya, memang tempat wisata di kota lumajang tidak begitu terkenal, namun oleh sebab itu, tempat wisata di kota lumajang masih alami dan asri, tempat yang wajib anda kunjungi apabila menyukai suasana alam yang masih asli.

Berikut ini tempat wisata Lumajang versi admin yang memukau dan menakjubkan :

1. Air Terjun Tumpak Sewu


Air terjun yang satu ini baru-baru saja viral di media sosial terutama di komunitas traveler mancanegara. Wisata ini pertama kali viral semenjak seorang traveler mancanegara yang memposting foto di akun sosial medianya.

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang
Air terjun tumpak sewu,Lumajang

Air terjun tumpak sewu menawarkan keindahan sekumpulan air terjun yang bermuara pada satu titik.Air terjun yang satu ini memang memiliki formasi yang unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai yang membuat air terjun ini masuk dalam jenis air terjun tiered.

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Kalau kalian datang kesini langsung dan melihat pemandangan air terjun tumpak sewu kalian akan teringat dengan air terjun niagara di negara Amerika Serikat karena bentuknya yang hampir mirip.Tak heran jika banyak traveler menamainya sebagai niagara Jawa Timur.

Lalu Bagaimana Rute Perjalanannya ?

Air terjun tumpak sewu terletak di desa sidolumyo,kecamatan Pronojiwo,Lumajang.Untuk mencapai kesini ada dua rute yang di bisa di lalui.Yang pertama bisa naik kereta menuju ke stasiun klakah lalu melanjutkan perjalanan dengan menya mobil menuju Pronojiwo.

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang
Air terjun tumpak sewu,Lumajang
Rute yang kedua bisa melalui kota Malang-Dampit-Tirtomoyo-Pronojiwo.100 meter dari perbatasan Lumajang dan Malang ada gang disebelah kiri lalu masuk dan nanti akan ada tempat parkir untuk pengunjung.

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Namun perjalanan belum selesai,kalian harus melewati sungai,tebing yang curam dan goa tetes,barulah kalian bisa meihat pemandangan air terjun tumpak sewu.Segala keluh kesah kalian akan terbayarkan ketika melihat pemandangan air terjun tumpak sewu ini

Apa Ada Fasilitas yang Mendukung ?

Untuk fasilitas pendukung masih belum ada,karena tempat wisata lumajang yang satu ini masih benar-benar alami dan pengelolaannya pun oleh warga,jadi jangan heran kalau disana tidak ada hotel,restaurant ataupun toilet.

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang
Salah satu jalan menuju lokasi
Namun untuk fasilitas seperti pemandu atau pengantar kemungkinan tersedia disana,jadi bagi kalian yang akan pergi ke air terjun tumpak sewu harap mempersiapkan keperluan yang lainnya.

Kemudian ada biaya untuk tiket masuknya, semua pengunjung diwajibkan membayar 2 tiket masuk ke kawasan air terjun,yaitu tiket untuk parkir kendaraan Rp.2000 dan tiket untuk masuk spot foto Rp.3000.Terjangkau kan harganya?

2. Puncak B-29

Tempat wisata Lumajang yang harus kunjungi selanjutnya adalah puncak B29. Puncak B29 terkenal dengan sebutan negeri di atas awan karena di tempat ini kalian akan melihat awan berada dibawah kalian.

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Pemandangan alam yang menakjubkan ditambah dengan gemerlap lampu kota yang terlihat dibawah akan disuguhkan di tempat ini. Puncak B29 memang sudah terkenal semenjak dahulu dengan panorama alam yang sangat indah. Cocok bagi kalian yang suka berswafoto, puncak B29 akan menjadi background yang bagus.

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Puncak B-29 terletak di ketinggian 2.900 mdpl,membuat kawasan ini menjadi sangat dingin.Kebanyakan pengunjung atau wisatawan yang berkunjung ke tempat ini berangkat pada malam hari dengan tujuan melihat matahari terbit dari puncak B-29.Jadi jangan heran ketika sampai disana banyak sekali para wisatawan yang mendirikan tenda.

Medan Yang Sedikit Sulit..

Untuk mencapai puncak B-29,medan yang akan dilalui cukup menantang terutama pada jalan yang masih berbentuk tanah dan dengan kemiringan hampir mencapai 40 derajat.Tak hanya itu,lebar jalannya pun bervariasi dan juga banyak sekali tikungan tajam khas wilayah pegunungan.

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Namun,jangan khawatir selama perjalanan ini kalian akan melihat ladang atau sawah masyarakat suku tengger yang sangat unik dan mungkin tidak ditemui di daerah lainnya.Lahan yang mayoritas ditanami daun bawang, kubis, dan kentang ini berada pada kemiringan 70 derajat (itu petaninya perlu pakek tali kalau panen).

Selama diperjalanan kalian juga akan selalu ditemani suhu sejuk yang sangat jarang kita temui di daerah perkotaan.

Tidak Perlu Khawatir Soal Penginapan....

Di daerah B-29 kalian tidak perlu khawatir soal tempat tinggal ataupun transportasi untuk menuju ke puncak.Banyak sekali warga suku tengger yang berprofesi sebagai ojek yang siap mengantar kalian ke puncak B-29.

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Selain itu,soal penginapan kalian bisa membawa tenda sendiri apabila ingin tinggal di puncak B-29 namun jika tidak kalian dapat menyewa kamar di rumah warga.Yap.kebanyakan warga tengger menyewakan rumahnya sebagai penginapan bagi para pelancong,jadi kalian tidak perlu khawatir soal penginapan.

3. Ranu Pane

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Kemudian tempat selanjutnya adalah Ranu pane.Ranu pane adalah nama dari sebuah danau yang terletak di desa ranu pane. Bagi kalian yang pernah mendaki gunung semeru pasti tau dengan danau yang satu ini. Ranu pane juga memiliki letak yang unik yaitu ditengah-tengah antara ranu kumbolo dan ranu regulo.
Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Ranu pane juga dikenal sebagai ranu hijau efek dari ganggang hijau yang tumbuh di sekitar ranu. Ranu pane memiliki pemadangan yang menarik dan pastinya apik dijadikan sebagai spot untuk berswafoto.
Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Bagi kalian yang ingin menuju kesana jalan dan jalurnya cukup mudah dilalui karena letaknya yang tidak begitu jauh dengan pemukiman warga.Kalian bisa memarkirkan kendaraan kalian di pemukiman warga dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki

Kemudian bagi kalian yang ingin menginap sehari atau lebih di daerah ranu pane ini terdapat villa dan penginapan yang terjangkau dan cocok bagi keluarga yang ingin berwisata.

4. Wisata Kebun Teh Gucialit

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Sudah pernah ke kebun teh? Kalau belum mungkin kalian harus kesini jika sedang berada di Lumajang.Kebun teh yang satu ini terletak di desa Guci alit,kecamatan Guci alit,Lumajang.Kebun ini lebih dikenal dengan naman kebun teh kertowono dan berada dikawasan perkebunan milik PTPN

Di kebun teh ini,para wisatawan dapat merasakan bagamana serunya berpetualang menggunakan mobil off road atau bagi kalian yang suka tantangan lebih bisa menyewa motor trail.Selain itu,kalian yang ingin camping disini juga ada tempatnya loo,tepatnya di bukit inspirasi yang merupakan camping ground dan di bukit inspirasi ini kita dapat melihat pemandangan kebun teh dari ketinggian
Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Pihak pengelola kebun teh kertowono juga mengadakan tur ke pabrik pembuatan teh bagi para wisatawan yang berminat mengetahui bagaimana proses pembuatan teh,mulai dari pemetikan sampai proses mencicipi teh,

Apa ada kendaraan umum untuk kesini?

Untuk kendaraan umum yang menuju ke perkebunan teh ini masih sangat jarang disarankan untuk anda yang akan kesini membawa kendaraan pribadi.Jangan khawatir,akses jalan menuju perkebunan ini sudah bagus dan mudah dilewati.


5. Ranu Kumbolo

Eiits.... Ternyata sudah sampai di urutan terakhir ya. Mungkin urutan yang terakhir ini sudah tak asing lagi bagi kalian karena pernah dibuat syuting salah satu film terkenal. Ranu kumbolo merupakan ranu yang sangat terkenal keindahan alamnya dan luasnya ranu yang satu ini.

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Ranu kumbolo merupakan tempat persinggahan bagi para pendaki gunung semeru sebelum mendaki ke puncak semeru. Disini merupakan spot para pendaki ataupun wisatawan untuk mendirikan tenda,menikmati alam ataupun berswafoto dengan keindahan alam sekitar.

Terakhir kali kesana,ranu kumbolo masih terjaga ke asri annya dan sekarang ada pembatasan jumlah pengunjung setiap harinya. Denger-denger juga jika kalian ingin kemari harus jauh-jauh hari mendaftarkan diri alias mengantri terlebih dahulu

Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Hemmm...karena begitu terkenal dan ramainya peminat yang akan kemari sampai ada pembatasan pengunjung.

Bagaimana tidak,Ranu kumbolo menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.Ranu yang diapit dua bukit,hamparan rumput hijau hingga pemandangan matahari terbit ada di satu tempat ini.
Yuk Berwisata Ke Kota "Pisang" Lumajang

Ranu kumbolo masih termasuk dalam kawasan taman nasional bromo tengger semeru,tepatnya di antara kabupaten lumajang dan kabupaten malang. Bagi kalian yang ingin berkunjung kesini kalian bisa lewat jalur kabupaten malang atau kabupaten lumajang. Namun saran dari admin lebih baik lewat jalur kabupaten malang.

Fasilitas untuk mencapai ke daerah ini cukup memadai,mulai dari pemandu,pos yang ada dan juga banyak warung-warung disekitar sini

Jadi,bagi kalian yang berencana untuk pergi kesini jangan khawatir dan takut ya...
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment