-->
Tips Cepat Mengatasi Batuk

Tips Cepat Mengatasi Batuk

Batuk yang tak kunjung sembuh bisa benar-benar membuat Anda sengsara, dan Anda tentu ingin meredakannya sesegera mungkin.Disini admin akan membagikan tips cepat mengatasi batu tanpa efek samping. Batuk adalah efek samping yang lazim dari demam dan flu, tetapi batuk juga dapat disebabkan oleh alergi, asma, refluks asam, udara kering, rokok, dan bahkan beberapa obat-obatan.Batuk bisa terasa sangat menyakitkan dan mengganggu, jadi cobalah mengikuti beberapa tips cepat mengatasi batuk ini.

Tips Cepat Mengatasi Batuk

Menggunakan Obat Batuk Alami

1.Gunakan madu.


Tips Cepat Mengatasi Batuk

Madu adalah cara yang efektif untuk mengatasi batuk dan menenangkan tenggorokan.Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki tingkat efektivitas yang paling tidak sama dengan obat bebas dalam meredakan batuk, dan terkadang justru lebih efektif. Madu dapat membantu melapisi dan menenangkan membran lendir sehingga sangat bermanfaat diminum di malam hari jika Anda sulit tidur akibat batuk.
  • Madu cocok digunakan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak, tetapi jangan berikan madu pada anak-anak di bawah usia 1 tahun, karena hal ini dapat meningkatkan risiko botulisme pada bayi. 
  • Anda bisa minum madu secara langsung. Cobalah minum 1 sendok makan setiap beberapa jam selama Anda batuk. Pilihan lainnya adalah memasukkan 1 sendok makan madu (atau lebih) ke dalam segelas teh hangat bersama lemon.
  • Beberapa penelitian menyatakan madu sama efektifnya untuk menekan batuk seperti dekstrometorfan, suatu bahan aktif yang biasanya terkandung dalam obat penekan batuk yang dijual bebas. 

2.  Cobalah kunyit

Tips Cepat Mengatasi Batuk

Kunyit adalah obat batuk tradisional yang diketahui cepat untuk menyembuhkan batuk pada banyak orang. Cobalah mencampurkan satu sendok teh kunyit ke dalam gelas berisi susu hangat. Anda juga bisa mencoba campuran kunyit bubuk dan satu sendok teh madu untuk mengobati batuk kering. Untuk membuat teh kunyit, masukkan 1 sendok makan kunyit bubuk ke dalam 4 cangkir air mendidih. Biarkan, kemudian saring. Campurkan dengan lemon dan madu untuk memperkuat efeknya dalam meredakan batuk

3.Berkumur dengan air garam



Air garam digunakan untuk membantu meredakan tenggorokan yang meradang, tetapi juga cepat mengatasi batuk dengan mengurangi pembengkakan dan mengeluarkan dahak. Campurkan 1 sendok teh garam dalam 250 ml air hangat, aduk hingga larut seluruhnya, kemudian berkumurlah selama 15 detik. Ulangi hingga air habis

4.Cobalah minyak atsiri

 Mencampurkan minyak atsiri dengan uap dapat membantu Anda menghirup dan menyerap manfaatnya. Cobalah minyak tea tree dan minyak eukaliptus, yang keduanya diketahui dapat menenangkan dan membuka saluran pernapasan. Minyak ini juga memiliki khasiat antiviral, antibakteri, dan antiinflamasi sehingga dapat membantu melawan bakteri dan virus.Terbukti minyak ini sangat ampuh dalam mengatasi penyakit batuk anda. 
  • Didihkan air dan letakkan dalam mangkuk. Biarkan dingin selama sekitar 1 menit. Masukkan 3 tetes minyak tea tree dan 1 - 2 tetes minyak eukaliptus. Aduk. Mendekatlah dan tutup kepala Anda untuk memperangkap uapnya. Tarik napas dalam selama 5 - 10 menit, 2 - 3 kali sehari. Pastikanlah untuk tetap menjaga jarak agar tidak terlalu dekat dengan air, agar wajah Anda tidak terluka akibat uap panasnya.
  • Jangan minum minyak tea tree. Minyak ini beracun jika tertelan

5. Larutkan pepermin dan jahe dalam sari lemon

Obat yang satu ini bisa juga digolongkan dalam minuman untuk penyakit batuk,Jahe membantu mengencerkan dahak. Baik jahe dan pepermin dapat menekan iritasi di bagian belakang tenggorokan Anda yang memicu batuk. Tambahkan madu ke dalam campuran ini untuk membuatnya semakin efektif.
  • Masukkan 3 sendok makan jahe cincang dan 1 sendok makan pepermin kering ke dalam 4 cangkir air. Didihkan air, kemudian kecilkan apinya. Biarkan terjerang hingga volumenya berkurang, kemudian saring. Biarkan mendingin selama beberapa menit, kemudian masukkan secangkir madu, aduk hingga melarut seluruhnya. Ambil 1 sendok makan setiap bebrapa jam. Campuran ini bisa disimpan dalam lemari es hingga 3 minggu.
  • Anda bisa memasukkan satu buah permen pepermin ke dalam sari lemon. Panaskan dalam panci kecil hingga permen larut. Cobalah menambahkan madu juga. Tambahkan 1 sendok makan (15 ml) madu ke dalam campuran ini dan aduk rata.

 

Baca Juga
SHARE
muhammad fazrin nahar
enjoy my post :)

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment